Key Performance Indicator (KPI) atau disebut juga sebagai Key Success Indicator (KSI) adalah satu set ukuran kuantitatif yang digunakan perusahaan atau industri untuk mengukur atau membandingkan kinerja dalam hal memenuhi tujuan strategis dan operasional mereka.

KPI karyawan merupakan penilaiaan hasil kerja karyawan yang dilakukan sebagai cara untuk dapat membantu setiap karyawan untuk mengetahui apa yang telah dan sedang mereka kerjakan serta perkembangan dan pelatihan apa yang mereka butuhkan agar dapat semakin berkembang.

Sebuah KPI (Key Performance Indicators) harus disusun menurut indicator kinerja yang spesifik, jelas, dan juga dapat diukur. Penentuan KPI juga harus dilakukan dengan rinci dan eksplisit sehingga setiap detil yang akan diukur menjadi jelas.

Penyusunan KPI harus berdasarkan pada beberapa poin. Poin tersebut berupa poin SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time). Untuk menentukan Key Performance Indicators karyawan, maka penetapan angka targetnya seharusnya.

Specific: penentuan KPI karyawan harus mendetil, spesifik, dan terfokus pada tujuan apa yang akan menjadi indicator dalam KPI.
Measurable: indicator tersebut dapat diukur

Achievable: target KPI karyawan yang ditentukan harus merupakan hal yang realistis atau mungkin untuk dicapai serta ada nilai atau hasil yang dapat dicapai dan diukur.

Relevant: target dari KPI karyawan ini harus relevan atau sesuai dengan tujuan perusahaan secara umum.
Time: ada batas waktu atau deadline yang telah ditentukan untuk mencapai target tersebut.

Dengan memperhatikan poin – poin SMART tersebut di atas, maka proses dalam menentukan KPI (Key Performance Indicators) karyawan dapat berjalan sebagaimana mestinya dan sesuai dengan apa yang diperlukan oleh setiap individu dan juga oleh perusahaan itu sendiri.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jasa Penyusunan KPI di perusahaan Anda, Hubungi Tim Marketing SELARAS Consulting di Tlp. 021-7827623 (Hunting) atau WA :0813-1999-8761